Pada umumnya entomologi dapat dipelajari dalam berbagai bidang diantaranya, bidang pertanian, peternakan, kesehatan dan sebagainya. Adapun berkenaan dengan banyaknya masalah kesehatan masyarakat dari segi lingkungan yang dipengaruhi adanya vektor-vektor penular penyakit (arthropoda)  maka entomologi dalam bidang kesehatan dalam proses pembelajarannya menjadi sangatlah penting untuk dipahami lebih jauh sehingga dalam aplikasinya dengan tepat dapat dijalankan berdasarkan aspek-aspek yang ada di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa Entomologi Kesehatan adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang artrhopoda yang dapat menjadi penyebab langsung dari berbagai macam penyakit pada manusia atau menjadi penular mikroorganisme penyebab penyakit dari seorang penderita kepada manusia lainnya yang sehat.

Sebelum masuk kepada pembahasan yang lebih lengkap maka bagian dasar dari entomologi kesehatan  yang dimaksud komponen/objek yang dipelajarinya, yaitu artrhopoda. Adapun Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yaitu kata Arthros yang berarti berbuku-buku atau beruas dan podos yang berarti kaki. Jadi, Arthropoda adalah binatang yang kakinya beruas-ruas termasuk juga bagian perut (abdomen) dan dada (toraks) yang beruas-ruas, contoh : nyamuk, lalat, kecoak, kutu, udang, kaki seribu, dsb.  Berdasarkan contoh dari arthropoda yang telah disebutkan dan termasuk contoh lainnya dari arthropoda tidak semua dari jenis arthropoda yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Adapun pengaruh arthropoda bagi kesehatan manusia yaitu sebagai vektor (penular) penyakit dan sebagai penyebab penyakit.

Arthropoda sebagai vektor (penular) penyakit berarti arthropoda yang dapat memindahkan suatu penyakit dari orang yang sakit terhadap orang yang sehat dimana dalam hal ini arthropoda secara aktif menularkan mikroorganisme penyakit dari penderita kepada orang yang sehat  dan juga sebagai tuan rumah perantara dari mikroorganisme tersebut, contoh : nyamuk, lalat, kutu, kecoa dsb. Arthropoda sebagai penyebab penyakit dimana arthropoda dapat menyebabkan penyakit tanpa perantara penular penyakit dalam artian secara langsung, bisa itu dari gangguan langsung maupun tidak langsung serta kendala lainnya adapun penyakit yang ditimbulkan karena arthropoda sebagai penyebab penyakit secara langsung diantaranya entomophoby, annoyance, kehilangan darah, kerusakan alat indera, racun serangga, dermathosis, alergi, dan miyasis.

Oleh karena itu, berdasarkan teori yang memperkuat pengaruh buruk keberadaan beberapa jenis arthropoda sebagai penyebab penyakit dan khususnya penular penyakit seperti nyamuk, lalat, kecoak, pinjal dsb dimana hal ini erat kaitannya dengan masalah penyakit umum yang sering dialami oleh masyarakat pada umumnya.